Sunday, September 25, 2011

Bagaimana Cara Menyiasati Keengganan Orang Berbelanja di Internet?


Bagaimana Cara Menyiasati Keengganan Orang Berbelanja di Internet?

“Internet bukan tempatnya belanja. Internet tempatnya orang cari informasi. Kalau mau belanja ya di mall atau pasar.” Pikiran inilah yang ada di sebagian besar pengguna internet. Dan tugas anda sebagai pebisnis internet mengubah pandangan tersebut. Tapi bagaimana mungkin? Bagaimana caranya?
Mengubah pola pikir orang lain memang sulit. Tapi, tidak sesulit yang anda bayangkan kalau anda sudah memiliki cara berpikir pebisnis!
Selama anda bisa menciptakan fenomena berbelanja online, saya yakin masyarakat akan segera beralih ke internet. Karena berbelanja di internet menawarkan berbagai kemudahan. Terutama masalah waktu dan transportasi. Gampangnya tinggal klik! Dan barang yang mereka pesan datang sendiri.
Apalagi internet sekarang sudah merambah sampai pelosok desa. So, kesempatan berbisnis di sini akan semakin lebar. Tinggal tunggu waktu. Dan bom tren belanja internet akan segera meledak.
Nah, sekali lagi, bagaimana caranya meledakkan bom tersebut? Bagaimana mengubah pandangan orang tentang internet? Caranya sederhana. Cukup gunakan kecerdasan anda.
Jika anda menjual produk informasi di internet, cukup yakinkan pengunjung bahwa informasi yang anda punya lebih berharga dari ebook gratisan di luar sana. Dan jika anda menjual produk non-informasi, yakinkan pengunjung bahwa produk Anda adalah solusi atas masalah yang mereka hadapi sekarang.
Undang pengunjung untuk masuk ke situs web anda. Kuncinya alirkan traffic. Berikan informasi yang mereka mau. Tapi jangan langsung promosikan produk anda.
Pertama, anda bisa memberikan informasi tentang produk yang mereka cari. Bagaimana produk yang baik, kualitas apa saja yang patut mereka dapatkan, dll. Yang penting uraikan dulu semua produk yang mereka butuhkan. Jangan terburu nafsu mengusulkan produk anda. Karena produk anda hanya bisa sukses setelah mereka yakin bahwa produk anda memang solusi untuk menyelesaikan masalah mereka.
Internet adalah sumber informasi. Itu ciri yang tak bisa lepas dari teknologi ini. Walaupun pengunjung ingin membeli produk, mereka kadang hanya menggunakan internet untuk browsing produk apa yang sedang bagus dan in . Dan mereka langsung beli di toko offline. Bukan dengan cara online.
Nah, untuk mengatasi masalah ini, sediakan saja blog yang menyediakan informasi yang mereka cari. Lalu ajari meeka bagaimana menyelesaikan solusi yang mereka hadapi. Bangun kredibilitas dan tunjukkan bagaimana produk anda bisa menjadi solusi untuk mereka. Jangan langsung katakan pada mereka, ”saya jual produk A harganya cuma sekian… murah kan?”
Tidak ada orang yang suka didikte. Tapi, sebaliknya mereka ingin dirayu. Jadi jangan beri komando untuk segera membeli. Lebih baik, berikan informasi yang mereka cari. Itu jauh lebih bermanfaat dari pada anda berpromosi sampai berbusa-busa.
Tulis saja artikel yang mencerahkan masalah mereka. Atau buat review produk yang isinya menjelaskan bahwa produk anda berisi banyak solusi yang mereka cari. Pastikan artikel yang anda tulis menarik minat mereka. Sehingga anda tetap bisa menjaga ketertarikan mereka terhadap informasi yang anda buat.
Membangun kredibilitas seperti itu lebih berguna untuk bisnis anda ke depan. Anda tidak terkesan seperti salesman yang meminta orang untuk membeli. Tapi, sebaliknya anda terlihat seperti seorang ahli yang punya berbagai solusi masalah. Penawaran harus dilakukan di akhir, bukan di awal.
Sekali lagi saya katakan, orang menggunakan internet untuk cari informasi bukan untuk berbelanja. Nah, setelah mereka mendapat informasi yang mereka butuhkan, barulah mereka berbelanja.
Berikan informasi, bangun kredibilitas, bangun kepercayaan, dan langkah terakhir, baru pasarkan produk anda!
Itu saja yang perlu dilakukan pebisnis internet. Sayang sekali masih banyak orang yang belum tahu bagaimana seninya menjual sesuatu pada orang lain. Apalagi lewat internet. Mengubah pikiran orang dan segera belanja di situs web anda memang tidak bisa langsung dilakukan dalam sekejap. Menjual produk di internet, tidak seperti sales promotion girl yang berdiri manis di depan gerai mereka sambil memberikan brosur. Kita berdiri di situs web kita sebagai ahli yang siap memberikan banyak ilmu pada mereka yang membutuhkan. Tidak langsung memberikan brosur, tapi memberikan ilmu!
Ubah kebutuhan akan informasi menjadi kebutuhan membeli! That’s all… anda siap menjadi agen pengubah? Agen yang mengembangkan bisnis internet menjadi pilar pendapatan semua orang. Agen yang mengubah pola pikir masyarakat kita…
Sekali lagi, salam action!
source:http://www.jokosusilo.com

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India